Sabtu, 02 November 2013

"Kitab Kitab Allah"

Kitab-Kitab Allah dan Rasul Penerimanya :
1) Kitab Taurat : 
       Taurat ( bahasa ibrani ) artinya adalah peraturan . Di turunkan kepada Nabi Musa a.s di Bukit Tursina (Mesir) dan Israel (abad 12 SM), isinya di kenal dengan "Sepuluh Perintah Tuhan" atau dalam bahasa Inggrisnya adalah "The Ten Commandement", yaitu :
^ Mengesakan Allah s.w.t
^ Larangan menyembah berhala ( syirik )
^ Larangan menyebut nama Allah dengan sia-sia
^ Menghormati ayah dan ibu
^ Larangan membunuh sesama manusia
^ Larangan berzina
^ Larangan mencuri
^ Larangan saksi palsu
^ Larangan merebut istri orang
^ Menyucikan hari Sabtu
Hal ini di jelaskan dalam Q.S al-Isra ayat 2 yang berbunyi :
 
Artinya :
"Dan kami berikan kepada Musa kitab(Taurat) dan Kami jadikan petunjuk bagi bani Isral (dengan firman): "Janganlah kamu mengambil penolong selain Aku". (Q.S. al-Isra' 17:2)

2) Kitab Zabur :
       Diwahyukan kepada Nabi Daud a.s, seperti yang telah di jelaskan dalam Q.S al-Isra' ayat 55 berikut ini: 

Artinya :
"Dan Tuhan-mu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. Dan sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada Daud." (Q.S al-Isra' 17:55)

Allah s.w.t menurunkan kitab ini kepada Nabi Daud a.s untuk kaum Yahudi, sebagai petunjuk bagi mereka. Zabur berisi Mazmur ( Nyanyian pujian bagi Allah ) yang berbahasa Qibti .

3) Kitab Injil :
       Di wahyukan kepada Nabi Isa a.s sebagai pedoman dan petunjuk bagi umatnya kaum Nasrani . Hal ini di jelaskan oleh Allah s.w.t dalam firman-Nya Q.S al-Maidah ayat 46 berikut ini :


Artinya :
"Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi nabi Bani Israil) dengan Isa putera Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang didalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa." (Q.S. al-Ma'idah 5:46)

Kitab Injil pertama kali di tulis menggunakan bahasa Suryani untuk bangsa Israel sebagai penggenap ajaran Musa a.s . Kitab ini berasal dari bahasa Yunani yaitu "Evangelion" yang berarti "Kabar Gembira" .

4) Kitab Al-Qur'an :
       Diwahyukan kepada Nabi Muhammad s.a.w . Sebagaimana di paparkan dalam surah Ali-'Imran ayat 3-4 berikut ini :
 
Artinya :
"Dia menurunkan Al Kitab (Al Quran) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil." (Q.S. Ali-'Imran 3:3)

Artinya :
" Sebelum (Al Qur'an), menjadi petunjuk bagi manusia, dan Dia menurunkan Al Furqaan. Sesungguhnya orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah akan memperoleh siksa yang berat; dan Allah Maha Perkasa lagi mempunyai balasan (siksa). ." (Q.S. Ali-'Imran 3:4)

Al-Qur'an di tulis dalam bahasa Arab . Penggalan ayat mulai di kumpulkan pada masa Khalifah Abu Bakar Sidiq oleh para sahabat nabi yang di pimpin oleh Zait bin Sabit . Selain itu Allah s.w.t juga menurunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk hidup bagi Umat-Nya .

Nama-nama Al-Qur'an yaitu :
- Al-Qur'an = Bacaan
- Al-Qitab   = Tulisan
- Al-Furqan = Pembeda
- Az-Dzikri  = Peringatan
- Al-Huda    = Petunjuk
- Al-Bayan  = Penjelasan

Tambahan :
Isi Al-Qur'an ada 30 juz 114 surah dan 6666 ayat
Nabi Muhammad s.a.w menerima wahyu :
- Gua hira
- 22 tahun
- 2 bulan
- 22 hari
Semua menjadi 23 tahun yakni, 13 tahun di Mekkah ( Makkiyah ) dan 10 tahun di Madinah ( Madaniyah )


0 komentar:

Posting Komentar